Pengertian Investasi dan Manfaat Investasi

Pengertian Investasi dan Manfaat Investasi – di kalangan masyarakat Indonesia masih banyak yang belum memahami Investasi dalam mengelola keuangan, baik jangka pendek maupun jangka panajang.

Masyarakat Indonesia lebih mempercayai menabung ketimbang Investasi, sebab di bena masyarakat bahwa investasi identik dengan yang punya uang saja.

Bahkan mereka menganggap investasi adalah pekerjaan yang tidak bisa dipercayai ketimbang menabung, sehingga mereka tidak mau belajar tentang investasi, mereka sudah menjas, bahwa investasi tidak aman untuk dilakukan.

Jika anda adalah salah satu dari mereka yang mempunyai anggapan investasi tidak aman? maka Anda sudah tepat masuk situs Pencari Kerja.

Kami yakinkan di awal, setelah Anda membaca pengertian dan manfaat investasi, setelah itu pasti Anda akan tertarik dengan Investasi.

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat indonesia masih mengandalkan tabungan ketimbang investasi, dengan demikian.

Kami akan mencoba menuliskan seputar Pengertian Investasi dan Manfaat Investasi dengan tujuan agar masyarakat indonesia memahaminya dengan baik.

Jika Inventasi dipelajari lebih lanjut, maka mereka faham, bahwa Investasi bisa membantu keuangan atau finansial di masyarakat indonesia.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa sih pengertian investasi, apa manfaat investasi, bagaimana cara awal dalam memulai investasi?

Apa Pengertian Investasi?

Investasi adalah penanaman modal yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang, adapun modal yang bisa Anda investasikan bermacam-macam, seperti uang atau sumber daya lainnya.

Tahukah Anda bahwa sekolah dan kuliah termasuk ke dalam salah satu jenis investasu, kenapa bisa demikian? karena Anda investasikan waktu tentunya mempunyai harapan mendapatkan gelar dan pekerjaan yang baik setelah lulus.

Itulah sebenarnya pengertian mendasar tentang investasi, mengharapkan manfaat yang baik di masa mendatang, baik berupa finansial langsung maupun berupa masa depan.

Adapun pengertian investasi dalam finansial adalah bisa kita artikan ketika Anda menyimpan uang dalam bentuk aset.

Misalkan saham dan obligasi, dengan harapan akan mendapatkan lebih banyak di masa mendatang. Maka itulah yang disebut Investasi Finansial.

Jenis-Jenis Investasi

Setelah Anda sudah memahami pengertian investasi maka selanjutnya, kami akan ajak Anda untuk mempelajari jenis-jenis investasi.

Di sini kami kelompokan menjadi dua jenis investasi, yaitu investasi jangan pendek dan investasi jangka panjang. Berikut penjelasannya yang bisa Anda pelajari.

1. Investasi Jangka Pendek

Waktu atau masa investasi jangka pendek ini kisaran waktu satu tahun sampai tiga tahun, jadi Anda sebagai Investor mempunyai waktu tunggu satu hingga dua tahun.

Dari waktu tersebut, tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan lebih cepat dalam mengelola keuangan Anda. Tetapi Anda harus memperhatikan juga.

Dengan Investasi jangan pendek tentunya kalian akan mendapatkan keuntungan yang lebih kecil ketimbang Investasi dengan waktu lama.

Investasi jangka pendek ini cocok untuk Anda.

Apabila ingin memenuhi kebutuhan dalam kurun waktu, misalkan Anda tahun depan ingin beli tiket, oleh-oleh, untuk keperluan mudik ke kampunga.

Bahkan Investasi jangka pendek ini cocok untuk Anda gunakan dalam mempersiapkan liburan di akhir tahun bersama keluarga Anda atau teman-teman Anda.

Informasi lebih lanjut mengenai investasi jangka pendek bisa Anda temukan disitus-situs investasi di internet, banyak ko..! perusahaan yang menyediakan investasi jangka pendek tersebut.

Adapun untuk memilih investasi jangka pendek tersebut, bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan atau kemampuan kalian untuk membayar, bahkan pastikan keuangan kalian sudah mendukung.

2. Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang tentunya jauh berbeda dengan investasi jangka pendek, apabila kamu ingin menikmati hasil lebih besar, maka lakukanlah investasi jangka panjang ini.

Karena semakin jauh waktu investasi yang kita ambil maka semakin tinggi juga penghasilan yang akan kita peroleh, waktu adalah segalanya kawan..!

Investasi jangka panjang ini bisa Anda lakukan dengan kurun waktu tiga tahun, lima tahun, belasan tahun bahkan puluhan tahun.

Tentunya hal ini kembali lagi kepada kebutuahn finansial Anda, jika Anda berfikir lebih jauh maka investasi jangka panjanglah yang bisa kamu lakukan.

Hasilnya akan bisa Anda nikmati setelah waktunya tiba dengan keuntungan yang lebih besar, karena masa uang Anda lebih lama dalam pengembangannya.

Selain itu, Investasi jangka panjang ini cocok unatuk Anda gunakan dalam mempersiapkan dana pensiun, artinya di masa tua Anda akan bisa menikmati dari hasil investasi jangka panjang ini.

Ingat, jangan anggap remeh dengan masa pensiun, semua orang akan merasakan begitu pentingnya dana pensiun ketika kita sudah tua.

Jangan beranggapan waktu pensiun kita masih lama, alangkah baiknya kita sudah mempersiapkannya lebih dini,

Supaya ketika finansial kita sudah melemah, maka waktu pensiun kita mempunyai kondisi finansial yang sehat.

Apakah investasi saham masuk ke kategori investasi jangka panajang?

Tentunya investasi saham masuk ke kategori invesatasi jangka panajang, investasi saham bisa Anda coba untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang.

Banyak orang beranggapan, bahwa investasi saham banyak yang bodong, hal ini adalah mitos belaka, kami anjurkan

Carilah tempat Invesati saham ternama untuk menghindari investasi-investai bodong.

Selain invesatasi saham Anda juga bisa mencoba investasi logam mulia, untuk lebih jelanya coba Anda cari informasi lebih lanjut tentang investasi logam mulia di internet.

Apa Saja Manfaat Investasi?

Setelah Anda memahami investasi jangka pendek atau jangka panjang, selanjutnya kita akan mempelajari manfaat dari Investasi tersebut.

Berikut kami sajikan berbagai manfaat dalam berinvestasi, semoga setelah kalian mengetahui dari manfaat investasi, maka kedepannya keuangan Anda akan lebih baik lagi.

1. Meraih Financial Freedom

Manfaat investasi yang kesatu adalah financial freedom artinya Anda akan merasakan ketika ada passive income tentunya hal ini akan memenuhi kebutuhan bahkan gaya hidup Anda.

Adapun passive income yang akan kalian dapatkan dari keuntungan investasi yang telah kalian lakukan atau tanamkan.

Di sinilah peran investasi sangat dibutuhkan untuk memenuhi gaya hidup Anda tentunya dengan nyaman tanpa harus kejar karir sepenuhnya.

Hal penting yang harus Anda perhatikan, apabila Anda memilih investasi dengan keuntungan besar dalam memenuhi kebutuhan hidup, maka Anda tidak perlu gantungkan hidup anda pada pekerjaan dalam memperoleh pendapatan.

2. Meningkatkan Kekayaan dan Nilai Aset

Meningkatkan kekayaan dan nilai aset adalah salah satu manfaat dari investasi, Anda bisa meningkatkan finansial atau kekayaan.

Bahakan nilai aset tentu solusi terbaik adalah dengan berinvestasi. Silahkan Anda tentukan investasi jangka pendek atau jangka panjang.

Efek compounding bisa Anda rasakan ketika Anda memilih investasi jangka panajang, hal ini bisa terjadi kepada Anda apabila suku bunga yang ditawarkan oleh investasi sangat tinggi.

Efek compounding istilah dalam investasi yaitu bunga berulang artinya penghasilan yang Anda peroleh dari Investasi adalah sifatnya berkelanjutan.

Dengan bunga berulang atau efek compounding tentunya akan meningkatkan nilai aset yang Anda investasikan dan rasakan apa yang akn terjadi kepada keuangan Anda, tentunya akan lebih baik dari sebelumnya.

3. Melindungi Kondisi Finansial dari Inflasi

Manfaat yang kedua dari investasi adalah melindungi kondisi finansial dari inflasi, hal ini sangat perlu Anda lakukan, supaya aset Anda tidak terkena inflasi.

Usahkan dalam investasi Anda harus memastikan return / keuntungan sebesar 15% sampai 25% per tahunnya

Bisanya keuntungan 15% hingga 25% bisa Anda lakukan pada investasi dalam bentuk pinjam modal usaha.

Melindungi kondisi finansial dari inflasi salah satu usaha yang tepat dalam investasi, tentunya Anda tidak akan terpengaruhi oleh inflasi yang terjadi.

4. Memenuhi Kebutuhan yang Memerlukan Biaya Besar

Kebanyakan orang tujuan utama melakukan investasi adalah untuk memenuhi kebutuhan yang memerlukan biaya besar.

Hal ini banyak di rasakan oleh para investor.

Sebab dengan Invesati Anda bisa membeli kendaran baru, rumah pribadi bahkan mewujudkan impian lain yang Anda targetkan.

Tentunya kebutuhan tersebut tidak dapat Anda wujudkan apabila yang Anda andalkan sebuah tabungan dan gaji bulanan Anda.

Mungkin itu manfaat investasi yang bisa Anda ambil, semoga dengan manfat tersebut, mulai sekarang Anda tertarik dengan Investasi.

Baik invesati jangka pendek maupun investasi jangka panjang, dan kami yakinkan bahwa mulai sekarang Anda tidak perlu ragu lagi dengan investasi.

Tentnya investasi yang mempunyai kreadibilitas tinggi di masayarakat, dengan investasi kita bisa meraih kesejahteraan di masa mendatang.

Bahkan masa pensiun kita sudah terjamin dengan hasil investasi penanaman modal maupun aset dalam produk investasi.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini mengenai pengertian investasi dan manfaat investasi yang bisa kami bagikan kembali, semoga bermanfaat.

Tags: