Kecerdasan Finansial : Tips Mudah untuk Mencapainya

Kecerdasan Finansial : Tips Mudah untuk Mencapainya

Kecerdasan Finansial – Pernahkah kalian selalu merasa kurang dengan keuangan Anda? tentunya hal ini sering terjadi kepada kita.

Padahal jika kita amati, besar kecilnya keuangan kita tergantung kebutuhan yang kita perlukan

Hal ini seharusnya kita bisa menyikapinya dengan kecerdasan finansial dalam mengelola keuangan.

Dengan kecerdasan finansial dalam mengelola keuangan tentunya pengahilan kecil juga kita akan bisa mengaturnya, penghasilan besarpun

Apabila kita tidak bisa mengelolanya saya rasa Anda akan tetap masih merasa kekuarangan.

Dari illustrasi di atas, bisa kita ambil sebuah pelajaran dalam mengelola keuangan, jangan pernah berhenti mempelajari tentang finansial Anda.

Sebab jika Anda kurang cerdas dalam mengelola finansial, maka yang akan terjadi kepada diri Anda tentunya akan merasa kekurangan saja.

Dalam keuangan tidak mesti harus mendapatakan pengahasilan bebsar, walaupun penghasilan kecil apabila kita cerdas dalam mengelola keuangan, tentunya akan tercukupi.

Kecerdasan Finansial ini tidak semata-mata untuk orang dewasa saja yang sudah berumah tangga, melainkan kecerdasan finansial ini sudah Anda miliki di masa-masa muda kalian.

Persoalan kecerdasan finansial sebenarnya hanya membedakan dari segi mental saja, tentunya siapa yang cepat dalam menerapkannya maka dia tidak akan merasa kekurangan dalam segi finansial.

Berikut Tips Mudah untuk Mencapai Kecerdasan Finansial

Kami akan memberikan tips mudah untuk mencapainya kecerdasan finansial yang bisa Anda palajari secara mandiri, dan kami berharap Anda berhasil dalam mengelola keuangan Anda.

Buat Anggaran Bulanan

Membuat Anggaran dalam keuangan sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan dalam mengelola keuangan, dalam membuat anggaran usahakan buat dalam satu bulan ke depan.

Silahkan buat patokan dalam keuangan Anda yang akan di gunakan untuk berbelanja kebutuhah, di samping itu selain patokan.

Anda juag harus mempunyai beberapa kategori dalam anggaran bulanan seperti kebutuhan primer, sekunder atau tersier.

Bagaimana cara membuat patokan biaya?

Anda bisa menggunakan patokan biaya berdasarkan belanja bulan sebelumnya, tetapi apabila sebelumnya biaya kebutuhan Anda secara acak dan tidak teratur.

Maka lakukan patokan biaya Anda lebih rendah dari sebelumnya, maka hal ini bisa mengontrol biaya Anda dalam kebutuhan bulanan.

Perencana yang matang akan menghasilkan keuangan Anda terarah, usahakan tiap akhir bulan Anda lakukan cek kembali untuk mengevaluasi apakah rencana finansial yang Anda laukan berjalan dan terarah.

Memahami dan Membuat Skala Prioritas

Anda harus memahami antara kebutuhan dan sekedar keinginan hal ini yang harus Anda lakukan dalam memenejerial keuangan Anda.

Memahami dan membuat skala prioritas adalah hala yang sangat penting Anda lakukan, dengan demikian Anda bisa memilah antara kebutuahn dan keinginan.

Buatlah kategori pengeluaran bulanan Anda dan jangan lupa buat juga skala prioritasnya, artinya Anda harus bisa mengedepankan kebutuhan ketimbang keinginan.

Kategori yang bisa Anda ambil dalam skala prioritas seperti makanan, transportasi, hiburan, pendidikan, kesehatan, bahkan jika perlu investasi.

Dari kategori tersebut bisa Anda ambil mana yang harus diutamakan, tentunya harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak sedikit seseorang, banyak uang yang dihamburkan, karena tidak memiliki skala prioritas dalam memenej keuangan dianataranya mereka memilih sekedar kebutuhan ketimbang memenuhi kebutuhan mendesak.

Menabung dan Berinvestasi

Kecerdasan Finansial tentunya Anda harus menyisihkan dari uang yang diperoleh untuk Anda tabungkan atau investasikan.

Dalam hal ini tentunya Anda harus berani, karena menabung dan berinvestasi bisa mengontrol keuangan Anda tiap bulannya, selain itu bisa membantu keuangan di masa mendatang.

Banyak yang menganjurkan bahwa sebaik-baiknya menabung adalah dilakuakn pada Awal bulan sebelum Anda menerima gaji.

Tidak Ada patokan dalam nominal yang harus Anda tabungkan, silahkan Anda sesuaikan dengan kebutuhan lainnya, jangan samapi menabung tetapi kebutuhan terbengkalai.

Tetapi akan lebih baik apabila uang yang Anda tabungkan dalam nominal yang besar

Supaya biaya pengluaran Anda bisa ditekan tentunya tidak Anda belanjakan untuk kepentingan yang tidak penting.

Selain menabung, Investasi yang penting dalam memenej keuangan, sebab investasi bisa menggandakan pendapatan Anda dalam jangaka panjang.

Kami anjurkan lakukan Investasi dengan nominal kecil dulu, kemudian seiringnya waktu Anda bisa menambahkan nominal yang akan Anda Investasikan.

Anda harus bisa membedakan antara menabung dan investasi, menabung adalah menyimpan uang tapi tidak bertamabah, artinya uang Anda mengendap.

Beda halnya dengan Investasi, uang yang Ada investasikan akan berkembang sejalannya waktu, tetapi sesuai dengan perjanjian Awal Investai.

Menyiapkan Dana Darurat

Untuk kelancaran hidup maka kita harus menyaiapkan dana darurat, hal ini bisa menolong Anda dalam kebutuhan mendesak, sehingga menyiapkan dana darurat sanagatlah penting.

Sebab kita tidak bisa memprediksi kejadian buruk kepada kita yang membutuhkan biaya, nah di sinlah peran dana darurat sangat penting kita siapkan.

Terkadang seseorang tidak menyadari bahwa dana darurat akan menolong Anda ketika menemukan kejadian yang tak terduga.

Dengan begitu Anda tidak perlu mencari bantuan dana dari orang lain, ketika dana darurat sudah Anda persiapkan jauh-jauh hari.

Membuat Keputusan Finansial Sendiri

Anda wajib memahami keuangan Anda yang di peroleh dan buatlah keputusan finansial sendri dalam hal memenej keuangan.

Dan ingat jangan pernah Anda mengambil keputusan karena hal tersebut sedang trending, di sinilah Anda membutuhkan membuat keputusan finansial sendiri dengan matang.

Sehingga keputusan yang Anda ambil bisa membantu keuangan Anda, sebab Anda sudah mengetahui resiko yang akan Anda ambil, apabil sudah mengetahu seluk beluk sebelumnya.

Apabila Anda salah ambil keputusan

Kami pastikan Anda akan mengalami kerugian, selain itu kami rekomendasikan selain mengambil keputusan sendiri, Anda juga membutuhkan pertimbangan seseorang.

Tetapi keputusan akhir, harus Anda putuskan sesuai dengan pemikiran Anda sendiri, orang lain sekedar bahan pertimbangan saja.

Membuat sebuah keputusan tentunya membutuhkan pengetahuan baik dan kebijaksanaan, sehingga menghasilkan keputusan yang terbaik.

Pengelolaan keuangan di zaman sekarang, kami rasa tidak sesulit yang kita bayangkan untuk menciptkan kecerdasan dalam finansial.

Dalam mengelola uang bisa Anda gunakan alat teknologi yang bisa membantu Anda, yang penting proses dalam memenej keuangan lebih mudah dan sederhana.

Sehingga menghasilkan jejak rekaman mencapai tujuan dari keuangan Anda, dengan teknologi Anda bisa mengontrol kesalahan yang Anda lakukan.

Seiringnya perkembangan zaman teknologi yang begitu pesat, banya Aplikasi-aplikasi finansial yang bisa Anda coba dalam mengelola keuangan.

Anda bisa mencobanya aplikasi kirim uang internasional pada Aplikasi Playstore

Tetapi kami anjurkan sebelum menggunakan pelajari terlebih dahulu kegunaan dari Aplikasi tersebut.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini mengenai tips mudah untuk mencapai kecerdasan finansial yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

Tags: