Pencari Kerja Finansial Jelaskan Pengertian Media Sosial Marketing

Jelaskan Pengertian Media Sosial Marketing

Jelaskan Pengertian Media Sosial Marketing, cara promosi melalui media online
Sumber: pixabay.com

Jelaskan Pengertian Media Sosial Marketing – Hallo sahabat Pencari Kerja pada kesempatan ini Admin akan memberikan pengertian secara singkat terkait dengan media sosial marketing, dimana hal ini perlu Anda ketahui sebelum memasarkan sebuah produk secara online.

Di sini Admin akan membahas mulai dari penjelasan media sosial, hubungan antara media sosial dengan aktivitas keterhubungan, keunggulan bisnis atau pemasaran menggunakan media sosial.

Selain itu juga akan di bahas alasan memilih media sosial sebagai media promosi dan keunggulan bisnis pemasaran menggunakan media sosial di jaman digital sekarang ini.

Selain penjelasan Admin juga akan memberikan step by step bagaimana cara promosi melalui media online sehingga target sesuai harapan.

Apakah Anda sedang mendalami media sosial di bidang marketing dan ingin mengetahui lebih dalam terkait penjelasan media sosial? Nah jika ya, maka Anda sudah tepat masuk ke situs kami.

Jelaskan Pengertian Media Sosial

Baik jika Anda membutuhkan penjelasannya maka kami akan menjabarkannya dari berbagai sumber yang bisa Anda pelajari secara mandiri.

Pengertian Media Sosial adalah media online yang bisa Anda gunakan sebagai alat komunikasi tanpa harus tatap muka langsung, tetapi Anda bisa berkomunikasi secara online.

Adapun proses komunikasinya antara satu dengan yang lainnya bisa menggunakan sebuah jaringan internet dengan media online seperti facebook, twitter, WA, IG dan masih banyak lagi sosial media yang bisa Anda gunakan.

Selain itu cakupan media sosial juga sangat luas, bukan berarti Anda bisa berkomunikasi secara lokal, melainkan Anda bisa berkomunikasi ke berbagai penjuru dunia.

Itulah penjelasan yang mendasar mengenai pengertian media sosial secara umum dan singkat, setelah Anda mengetahui pengertiannya, maka tentunya kami akan memberikan gambaran terkait media sosial marketing.

Jelaskan Pengertian Media Sosial Marketing

Setelah Anda mengetahui pengertian media sosial, selanjutnya kita akan membahas penjelasan dari pengertian media sosial marketing.

Media Sosial Marketing adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang menggunakan salah satu plafon dari media sosial seperti, facebook, Instagram, Twitter dan Website.

Adapun cara mempromosikannya bisa menggunakan layanan jaringan periklanan berbayar ataupun mempromosikan secara organik, di mana pemasaran ini tentunya dapat berinteraksi dengan calon pelanggan Anda.

Dengan kehadiran media sosial ini Anda bisa melibatkan aktivitas pada jaringan sosial media seperti membangun kehadiran pada jejaring sosial, memperkenalkan brand atau merek Anda, melibatkan konten sehingga bisa memikat calon pelanggan Anda, bahkan mengarahkan sebiah lalu lintas ke website marketing yang Andaa bangun.

Jelaskan Keunggulan Bisnis Pemasaran Menggunakan Media Sosial

Setelah Anda mengetahui pengertian media sosial dan media sosial marketing, selanjutnya kita akan mencoba apa sih keunggulan bisnis menggunakan pemasaran menggunakan media sosial.

Ada beberapa keunggulan dalam berbisnis apabila kita menggunakan jaringan sosial media di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjadi Top of Mind

Salah satu keunggulan media sosial adalah Top of mind, Anda mempunyai kesempatan untuk mengingatkan merek atau produk yang akan Anda jual dalam satu kategori produk.

Dengan Top of Mind ini anda bisa menciptakan kekuatan sebuah merek pada pikiran calon pelanggan, semakin mereka memikirkan maka lama kelamaan mereka akan menjadi pelanggan setia kita.

2. Mendapatkan Ide Konten Baru

Apabila Anda menggunakan media sosial secara bijak, maka Anda akan mendapatkan keuntungan dari media sosial itu sendiri.

Dengan demikian sebuah Ide akan membuat Anda ingin membuat sebuah konten baru baik melalui berita, update status, bahkan konten yang sama dengan lawan marketing Anda.

Sebuah merek akan semakin dikenal oleh Audien apabila Anda selalu menampilkan ide-ide baru yang dituangkan ke dalam sebuah konten yang akan Anda pasarkan.

3. Manajemen Reputasi Online

Keunggulan media sosial yang ketiga adalah manajemen reputasi online di mana pelanggan akan membicarakan Anda tentang apakah Anda berada di media sosial atau tidaknya.

Yang perlu Anda garis bawahi jangan biarkan saran, pertanyaan, atau keluhan pelanggan Anda abaikan. Apabila Anda menggunakan media sosial secara proaktif tentunya hal ini akan menjadikan platform layanan keterlibatan pelanggan Anda yang sangat baik.

Perlu Anda ketahui juga bahwa manajemen reputasi online ini adalah mode komunikasi tercepat dalam menangani krisis jawaban untuk pelanggan Anda.

4. Kemampuan Iklan Berbayar yang Diperluas

Platform media sosial memungkinkan Anda dalam menjalankan iklan dengan penargetan sesuai dengan keinginan Anda, dengan demikian Anda dapat menemukan segmen audien yang tepat yang ingin membeli produk Anda.

Dengan fitur seperti pemasaran ulang Anda dapat terhubung kembali dengan pelanggan atau pengunjung website Anda sebelumnya dan mengaktifkan kembali pengguna yang tidak aktif.

Fitur audien ini memungkinkan Anda menemukan segmen audiens baru tentunya yang memiliki karakteristik serupa dengan pelanggan Anda yang sudah ada.

5. Media Penghasil Pendapatan yang Efektif

Keunggulan media sosial terakhir adalah titik kontak penting saat memandu prospek melalui jalan pemasaran, dengan demikian iklan perolehan prospek telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mencari prospek pendapatan baru.

Pada saat perdagangan melalui media sosial menjadi lebih di kedepankan maka media sosial akan memperkuat posisi Anda sebagai saluran pendapatan yang efektif.

Itulah lima keunggulan bisnis atau pemasaran menggunakan media sosial yang bisa Admin jabarkan yang bisa Anda pelajari sebelum menentukan menggunakan media sosial dalam mempromosikan dagangan Anda.

Alasan Memilih Media Sosial Sebagai Media Promosi

Kenapa media sosial layak untuk dipilih sebagai media promosi? mungkin pertanyaan ini sering muncul pada diri Anda ketika ingin mempromosikan jualan Anda.

Hasil penelitian menyebutkan lebih dari 3,2 miliar orang di dunia ini menggunakan media sosial sampai saat ini. Angka ini menjadikan sebuah fakta dan bukti bahwa media sosial memang banyak digunakan di kalangan masayarakat.

Tidak dipungkiri bahwa media sosial ini menjadikan proses marketing yang sangat menyenangkan. Apabila Anda menggunakan media sosial sebagai media promosi, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Brand

Alasan pertama adalah bisa meningkatkan brand dimana produk akan semakin dikenal keberadaannya apabila Anda unggah di media sosial secara terus-menerus.

Hal tersebut akan secara perlahan-lahan masyarakat (pengguna media sosial) mulai memperhatian kepada produk-produk Anda pasarkan.

Awal mulanya mungkin masyarakat hanya melihat-lihat produk dan jasa yang Anda tawarkan tetapi lambat laun produk atau yang Anda Upload atau pasarkan di media sosial mulai dianggap dan diingat oleh masyarakat (pengguna sosial media).

2. Mendapatkan Feedback Produk dan Strategi Pemasaran

Mendapatkan Feedback adalah tahap lanjutan dari sebuah efek media sosial marketing, sebuah produk akan diakui keberadaannya apabila produk tersebut menjadi bahan perbincangan di sosial media.

Hal ini bisa Anda ketahui dengan cara melihat langsung bagaimana customer berinteraksi dengan konten di media sosial Anda, misalkan dengan memberikan like atau follow up sosial media Anda.

Di samping itu media sosial juga terdapat fitur komentar inilah yang memungkinkan masyarakat untuk memberikan pendapatnya mengenai produk yang Anda tawarkan dan bisa Anda pakai sebagai cara memasarkan produk-produk Anda.

Tidak sedikit perusahaan menjadikan hal tersebut sebagai tolak ukur kelebihan dan kekurangan dari produk atau strategi marketing yang mereka pilih.

3. Mempelajari Kompetitor

Alasan ketiga kenapa memilih media sosial sebagai media promosi adalah bisa mempelajari kompetitor atau saingan Anda dalam sebuah produk yang sama.

Anda bisa secara mudah melihat kompetitor Anda dalam memanfaatkan social media marketingnya. Media sosial inilah yang akan menjembati bisnis Anda dalam media sosial marketing dalam memasarkan produk. Silahkan Anda pelajari kompetitor Anda bagaimana mereka cara memasarkan produknya.

Itulah penjelasan sedikit terkait keunggulan bisnis atau pemasaran menggunakan media sosial yang bisa Admin berikan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Cara Promosi Melalui Media Online

Semakin berkembangnya bisnis online tidak sedikit pengusaha yang beralih dalam menjalankan bisnisnya secara online ketimbang bisnis offline.

Hal tersebut mereka anggap lebih menjanjikan dan lebih efektif di era digital sekarang ini, bahkan semua jenis usaha bisa dijalankan secara online secara mudah.

Admin akan memberikan bagaimana cara promosi melalui media online yang bisa Anda terapkan. Berikut adalah beberapa cara promosi bisnis online dengan media sosial:

1. Ketahui Target Konsumen

Langkah pertama cara promosi adalah harus mengetahui target konsumen, Anda harus bisa memilah calon konsumen, seperti orang dewasa, anak muda, ibu-ibu.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara membuat group chat di media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Twitter, Instagram atau media sosial lainnya.

Usahakan nama Group yang Anda buat sesuai dengan topik produk yang akan Anda pasarkan. Dengan grup nama khusus yang Anda targetkan, maka akan lebih mudah diterima pengguna media sosial (Masyarakat).

2. Buat Status yang Menarik

cara yang paling mudah dan praktis dalam mempromosikan produk Anda adalah dengan cara membuat status menarik pada sosial media yang Anda gunakan.

Cara ini bisa Anda lakukan menggunakan strategi pengingat promosi, silahkan Anda buat status yang semenarik mungkin agar pengguna media sosial me-like dan membagikan status yang Anda buat.

Dengan demikian semakin banyak orang yang membagikan status Anda, maka semakin banyak pula orang yang akan mengenali bisnis online yang Anda jalankan.

Buatlah status singkat tapi berisi kata-kata memuat informasi yang mewakili produk yang Anda jual, hindari status yang mengandung unsur SARA, hal ini bisa menghancurkan reputasi bisnis Anda.

3. Gunakan Hashtag

Cara promosi yang ketiga adalah menggunakan hastag setiap Anda postingan di media sosial. Hashtag ini Admin anggap sangat berguna untuk membuat orang mudah mencari produk yang mereka inginkan.

Jangan lupa buat hashtag yang spesifik, Hashtag ini bisa Anda sisipkan pada bagian bawah status di media sosial yang Anda gunakan.

4. Berikan Respon yang Cepat

Strategi ke empat cara promosi di media sosial adalah memberikan respon cepat kepada konsumen, hal ini jangan sampai Anda abaikan, apabila bisnis Anda ingin di sukai oleh konsumen.

Kenapa demikian?

Karena calon konsumen yang tidak sabar bisa saja memilih online shop yang lain, dengan demikian, pastikan Anda selalu update media sosial supaya tidak kehilangan pelanggan Anda.

5. Update Foto Profil

Mengupdate foto profil salah satu cara strategi yang efektif dalam memasarkan dagangan Anda, hal ini bisa meyakinkan calon konsumen dalam membeli sebuah produk yang Anda jual.

Anda bisa melakukannya dua minggu sekali dan jangan lupa gunakan foto produk yang berkualitas agar orang tertarik dengan produk yang Anda jual.

Apabila Anda menggunakan Facebook, jangan lupa untuk menyertakan foto cover profil dengan gambar yang terbaru dan lebih modern.

6. Bangun Komunikasi yang Baik

Membangun komunikasi yang baik dengan konsumen adalah langkah yang wajib Anda lakukan, hal ini bisa Anda lakukan dengan cara menanyakan apakah produk yang mereka beli sudah sampai tujuan apakah belum.

Mintalah testimoni kepada mereka, tentunya dengan bahasa yang sopan atau bila perlu berikan mereka sebuah hadiah dari keuntungan yang Anda peroleh.

7. Berikan Pembaruan Promo

Tidak sedikit para pembisnis memanfaatkan pembaruan promo loh, dengan metode flash sale saat ini sangat ramai digunakan oleh para pebisnis online.

Anda bisa saja menggunakan teknik promo gratis ongkos kirim tentunya dengan minimal pembelian yang Anda targetkan sebelumnya.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini terkait penjelasan pengertian media sosial marketing dan bagaimana Cara Promosi Melalui Media Online yang bisa Admin berikan. Terimakasih

1 Likes

Author: Admin Pencari Kerja

Saya Seorang Freelance dari Tahun 2013. Suka Menjelajahi Internet. Jika Bermanfaat Bagi Anda Silahkan Share Ke Jaringan Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *