10 Cara Melamar Pekerjaan Untuk Mencapai Kesuksesan

Cara Melamar Pekerjaan Untuk Mencapai Kesuksesan – Melamar pekerjaan dibilang susah susah gampang, gampang menurut seseorang yang sudah mempunyai kunci untuk melamar pekerjaan, susah bagi orang yang belum mengetahui teknik cara melamar pekerjaan apabila ada lowongan pekerjaan.

Dengan demikian di sini kami akan memberikan Anda sebuah tips bagaimana cara melamar pekerjaan dengan baik untuk mencapai kesuksesaan di masa yang mendatang.

Dalam melamar pekerjaan ada beberapa hal yang harus Anda pelajari, sebab melamar pekerjaan juga dibutuhkan ilmu yang mendasar.

Cara Melamar Pekerjaan

Banyak Tips yang bertebaran di Internet cara melamar pekerjaan, tetapi terkadang ada yang cocok bagi Anda ada juga yang tidak cocok untuk Anda terapkan.

Nah … Jika Anda mencari cara melamar pekerjaan, maka Anda sudah tepat masuk ke situs pencarikerja.co.id ini. Di sini kami menyajikan berdasarkan pengalaman pribadi tentunya sudah kami peraktikan dalam melamar pekerjaan.

Cara Melamar Kerja Pertama Kali

Jika Anda adalah seorang pencari kerja pertama kali dan ingin mencoba melamar pekerjaan di perusahaan yang membuka lowongan kerja, maka hendaknya Anda mempelajari tips cara melamar pekerjaan yang kami bagikan ini.

Berikut adalah cara melamar pekerjaan untuk mencapai kesuksesan di waktu mendatang, semoga bisa Anda pelajari dan mudah difahami.

1. Perhatikan Cover Letter dengan Seksama

Tahukah Anda bahwa cover letter mempunyai fungsi dalam mencerminkan diri Anda dan kemampuan Anda tentunya dengan skill Anda untuk menentukan diterima dan tidaknya pada perusahaan yang Anda lamar.

Jika Anda adalah pertama kali dalam melamar, hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan dengan baik sehingga HRD terkesan dengan Cover Letter yang Anda buat.

Usahakan dalam Cover Letter Anda gambarkan secara singkat tentang diri Anda dan jangan lupa sertakan pengalaman Anda tentunya yang relevan dan mudah dipahami oleh HRD Perusahaan yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Banyak ko contoh-contoh Cover Letter yang baik dan benar di Internet, Anda bisa mempelajarinya bagaimana mereka menyusun kata-kata pada Cover Letter yang mereka buat.

2. Gunakan Istilah-Istilah Sesuai Bidang

Tips yang kedua ini kami rasa wajib Anda gunakan ketika melamar pekerjaan, silahkan Anda gunakan istilah sesuai dengan bidang Anda.

Maksudnya apabila kamu melamar pekerjaan di bidang posisi Product Manager, maka Anda wajib menyertakan Agile atau scrum pada Cover Letter Anda.

Selain itu Anda juga harus bisa menjelaskan ketika di wawancarai oleh HRD Pekerjaan, dengan begitu Anda mempunyai peluang besar untuk diterima pekerjaan.

Nah… Masalah yang sering dihadapai oleh seorang pencari kerja yaitu ketika melamar di bidang posisi divisa digital marketing mereka tidak menjabarkan campaing implementasi ketika bekerja di perusahaan sebelumnya.

Untuk menghindari hal tersebut, coba Anda jelaskan mengenai pekerjaan-pekerjaan sebelumnya pada sosial media yang Anda guanakan, tentunya dengan pandangan positif ya…

Dengan memanfaatkan sosial media Anda bisa mendapatkan kesempatan besar diterima diperusahaan yang Anda lamar tentunya dengan alasan yang kuat.

3. Pilihlah Bidang Pekerjaan yang Sama Sebelumnya

Maksud memilih pekerjaan yang sama sebelumnya adalah pastikan Anda memilih pekerjaan yang sama di tempat sebelumnya yaitu di perusahaan sebelum Anda berhenti bekerja.

Karena hal ini bisa menjadikan nilai plus bagi Anda ketika melamar di perusahaan baru, sebab HRD Perusaahan tentunya akan menilai Anda adalah sudah mempunyai pengalaman di bidang itu.

Tetapi Anda jangan senang dulu, karena Anda wajib meningkatkan kinerja di bidang Anda lamar, karena Anda akan di nilai keahlian dan kinerja sepenuhnya oleh perusahaan.

Tips yang akan kami berikan pada tahap ini agar Anda bisa diterima diperusahaan yang And lamar dengan menggunakan pengalaman sebelumnya adalah silahkan Anda buang kesalahan sebelumnya di perusahaan pertama kali bekerja.

Terus Bagaiman Jika Anda tidak memiliki pengalaman pekerjaan atau fresh graduate?

Tenang saja, karena artikel ini juga akan membahas bagaimana cara melamar kerja pertama kali, tentunya bagi Anda seorang pemula dalam melamar pekerjaan, kami akan memerikan tipsnya.

Jika Anda adalah seorang fresh graduates dan belum memiliki pengalaman kerja, kami sangat menyarankan Anda untuk membuat sebuah portofolio sederhana secara online.

Anda bisa menggunakan layanan gratis untuk membuat portofolio seperti blogspot, silahkan Anda buat blog tentang solusi atau lainnya sesuai dengan bidang Anda.

Hal ini akan menjadikan dasar atau membuat HRD dalam menilai diri Anda untuk melamar di perusaahan yang Anda lamar.

Jadi dengan portofolio tersebut Anda sudah mempunyai kekuatan yang bernilai plus untuk perusahaan tersebut, lagi-lagi hal ini sudah banyak di buktikan oleh seorang pencari kerja.

4. Usahakan Portofolio Anda Semenarik Mungkin

Di samping membuat sebuah portofolio Anda juga harus membuatnya sepenuh hati agar mendapatkan hasil portofolio yang bisa mengikat seorang HRD.

Dengan portofolio yang menarik perhatikan, Anda mungkin tidak sadar bawah Anda di terima di perusahaan karena hasil dari portofolio yang menarik tentunya yang sudah Anda susun sebelumnya.

Cara melamar pekerjaan dengan menggunakan teknik ini sudah kami buktikan bahwa bisa mengikat perusahaan sehingga Anda bisa di terimanya.

Tips yang akan kami berikan, jangan lupa cantumkan pada portofolio Anda projek-projek yang telah Anda buat, lebih-lebih Anda memasukan testimoni dari orang lain yang sudah menggunakan jasa Anda.

5. Percantik Profil Sosial Media

Silahkan Anda percantik profil sosial media Anda dengan tujuan Agar penghuni sosial media menilai Anda dengan baik, hindari perkataan yang tidak baik.

Tidak sedikit loh.. perekrut pencari kerja, mereka banyak mengintip akun-akun sosial Anda, mungkin saja ketika Anda melamar pekerjaan, perusahaan yang Anda lamar ingin mengetahui jejak Anda dalam media sosial.

Tahukah Anda bahwa media sosial adalah mencerminkan karaktar seseorang, dengan demikian mulai sekarang Anda wajib mempercantik profil sesial media Anda dengan kebaikan.

Tips yang akan kami berikan dalam melamar pekerjaan yang satu ini adalah gunakan foto profil Anda dengan foto Asli dan selain itu uanggah pencapaian Anda dalam suatu pekerjaan apapun yang pernah Anda raih.

Dengan demikian Anda mempunyai kesempatan besar untuk diterima di perusahaan yang Anda lamar, tidak sedikit loh perusahaan yang menilai jejak pencari kerja dari sosial media.

6. Pasang Foto Profesional

Apabila perusahaan meminta Anda untuk membuat CV, maka Anda wajib menggunakan Foto Profesioal artinya jangan Anda gunakan foto-foto yang tidak enak dipandang.

Buatlah foto seadanya tetapi gunakan pakaian yang menunjukan bawah Anda bisa berpenampilan baik di perusahaan tersebut.

Misalnya ketika Anda membuat foto silahkan Anda gunakan pakain formal seperti menggunakan baju blazer, atau baju-baju lainnya yang sesuai tentunya baju-baju yang baik.

Tips ini akan membantu Anda untuk di terima di perusahaan, dan tentunya Anda sudah mempunyai nilai lebih walaupun dari segi foto yang profesional.

7. Sebutkan Gaji dengan Jujur

Jika Anda melakukan Interview dan d itanya oleh seorang HRD mengenai gaji di perushaan sebelumnya, maka Anda wajib menjawabnya dengan sejujur-jujurnya.

Kenapa Anda Harus Jujur ?

Karena terkadang HRD mempunyai rekan kerja yang terorganisasi dengan perusahaan-perusahaan lain, dan ini bisa di gunakan untuk menilai kejujuran seorang.

Mungkin Anda mengangapnya sepele, tetapi hal ini kerap di lakukan oleh seorang HRD untuk menilai salah satu kejujuran seorang pencari kerja.

Apabila Anda belum pernah bekerja di perusahaan, bilang saja belum pernah tetapi kamu jangan malu-malu jika sebelumnya kamu mendapatkan gaji dari sumber lainnya.

Tidak sedikit loh… Kejujuran bisa menentukan seorang pencari kerja dalam melamar pekerjaan, dengan kejujuran Anda bisa meraih kesuksesan.

8. Melakukan Riset Kecil Perusahaan Anda Lamar

Yang pertamakali Anda lakukan sebelum melamar, maka Anda wajib melakukan reset kecil-kecilan pada perusahaan yang Anda lamar.

Dengan reset kecil-kecilan Anda bisa mengetahui tentang perusahaan yang Anda lamar, seperi mengetahui perusahaan bisnis di bidang apa, target perusahaan seperti apa bahkan kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan tersebut atau sebaliknya.

Jika Anda sudah melakukan reset kecil-kecilan, selanjutnya silahkan Anda tentukan sendiri mengenai apakah Anda layak melamar ke perusahaan tersebut apa tidak.

Dan perlu Anda ketahui, jika Anda melamar ke perusahaan tersebut setelah melakukan penelitian, maka Anda sudah mempunyai modal lebih ketika HRD menanyakan kepeda Anda tentang perusahaan yang Anda lamar.

9. Hindari Jauh-Jauh Berganti Pekerjaan

Kami sangat menyerankan bagi Anda agar tidak sering bergantian pekerjaan, artinya Anda sering berhenti lalu mencari pekerjaan lainnya.

Hal tersebut bisa menjadi penilaian buruk bagi diri Anda, karena HRD akan memperhatikan ini semua, dan ini di niali kurang baik oleh HRD untuk perusahaan yang mereka kelola.

Tidak sedikit pencari kerja di tolak perusahaan dalam melamar pekerjaan dari hal ini, karena mungkin mereka menilai Anda kurang profesional dalam bekerja.

10. Menindaklanjuti Lamaran Kerja

Cara melamar pekerjaan untuk mencapai kesuksesan dari kesembilan di atas adalah menindaklanjuti surat lamaran kerja yang Anda kirim kepada perusahan.

Tidak sedikit pencari kerja, sudah memasukan lamaran ke perusahaan tidak menindak lanjutinya, artinya mereka tidak mau tahu di terima dan tidaknya oleh perusahaan yang mereka lamar.

Jika hal ini terjadi kepada Anda, mulai sekarang buang jauh-jauh sifat tersebut, karena hal ini sangat merugikan Anda bahkan perusahaan loh.

Tips yang akan kami berikan yang bisa Anda gunakan adalah silahkan hubungi perekrut seminggu setelah lamaran kerja Anda kirim.

Dengan tujuan untuk melihat keberadaan progres lamaran kerja Anda, dan pihak perusahaan juga mungkin saja menilai Anda, bahwa Anda sangat membutuhkan pekerjaan yang Anda lamar.

Anda bisa menghubungi pemilik perusahaan atau seorang wawancara kerja melalui telepon atau e mail yang sudah di berikan sebelumnya.

Mungkin artikel ini sampai di sini saja mengenai bagaimana cara melamar pekerjaan untuk mencapai kesuksesan dan mendapatkan pekerjaan bagi Anda, semoga bermanfaat. Terimakasih

Tags: