20 Cara Melamar Kerja di Korea Agar Diterima

Cara Melamar Kerja di Korea – Salah satu pekerjaan yang di idamankan oleh para pencari kerja mendapatkan kerja di korea selatan, jika Anda mencari cara kerja, maka situs pencarikerja.co.id ini akan memberikan panduan.

Dengan adanya panduang ini kami sangat bahagia apabila Anda sudah memahami bagiamanca cara kerja di korea selatan.

Panduan cara melamar kerja ini kami buat sesederhana mungkin dengan tujuan agar mudah untuk Anda fahami, selain itu panudan ini bisa di gunakan dan Anda praktikan sebelum Anda melangkah mencari pekerjaan ke luar negeri.

Cara Melamar Kerja di Korea

Sebelum ke panduan mungkin ada baiknya kami gambarkan berapa gaji jika bekerja di korea selatan, supaya Anda mempunyai gambaran berapa gaji kerja di korea selatan?

Situs pencarikerja.co.id ini tentunya akan memberikan gambaran estimasi gaji di korea selatan, adapun daftar gaji ini adalah sebagai bahan referensi saja dan tidak bisa Anda jadikan patokan gaji.

Gaji TKI di Korea Selatan Tahun 2021

Kenapa kami berikan gambaran gaji tki ini? tujuan ini tak lain ingin memberikan semangat bagi pencari kerja, dalam mencari pekerjaan di luar negeri.

Bagi Anda yang penasaran, mari kita simak baik-baik. Berikut adalah gaji tki di korea selatan tahun 2021 yang bisa Anda perhatikan.

NoPekerjaanKisaran Gaji
1Agency27000000
2Penerjemah25000000
3Pelayaran25000000
4Kontruksi24000000
5Industry (Pabrik)23000000
6Electricans23000000
7Perikanan23000000
8Carpenters22000000
9Gardener22000000
10Driver21500000
11Pertanian21000000
12Caretaker20000000
13Restaurant20000000
14Caregiver19000000
15Pembantu Rumah Tangga19000000
16Sektor Jasa18000000
17Bartender17000000
18Dosen40000000
19Peneliti56000000
20Startup65000000

Itulah kisaran gaji dan pekerjaan di Korea Selatan tahun 2021, semoga bisa menginspirasi Anda dalam mencari pekerjaan di luar negeri.

Selanjutnya kita akan lengsung ke pembhasan, apabila Anda sudah mengetahui kisaran gaji nya, berikut adalah Cara Kerja di Korea Selatan :

Cara Melamar Kerja di Korea

Perlu Anda kethaui bahwa saat ini, pekerja asing di pabrik-pabrik tertentu di Korea Selatan, bisa menerima gaji hingga Rp. 30 Juta per bulannya.

Tetapi hal ini tidak semua tki mendapatkan gaji segitu, hal ini cuma rata-rata gaji yang akan di peroleh saja bagi pekerja di Korea Selatan.

Berikut 20 Persiapan Cara Melamar Kerja di Korea

1. Pahami Persyaratan

Hal pokok yang wajib Anda ketahu dalam menacri pekerjaan ke luar negeri adalah memahami persyarat apa saja yang harus Anda lengkapi untuk memenuhi persyaratan perusahaan.

Cara pertama ini juga berlaku bagia Anda jika ingin mencari pekerjaan di negeri sendiri, tentunya memahami persyaratan adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Adapun kriterai persyaratan yang harus Anda perhatikan apabila Anda ingin melamar ke negeri gingseng ini adalah sebagai berikut :

  1. Minimal Anda berijazah SMP/MTs atau Paket B.
  2. Usia minimal Anda 18 Tahun dan Maksimal Usia 39 Tahun
  3. Tidak sedang atau menjalani hukuman tindak pidana akibat perbuatan kriminal dan lainnya
  4. Tidak pernah dideportasi di Korea Selatan
  5. Mempunyai kebebasan berpergian ke luar negeri dari pemerintah Indonesia
  6. Memiliki izin dari kedua orang tua apabila Anda masih bujangan
  7. Memiliki Izin dari dari pasangan nikah Anda.
  8. Sehat Jasmani dan Rohani
  9. Tidak Buta Warna Parsial
  10. Tidak mempunyai penyakit paru-paru, penyakit hepatitis, dan penyakit kelamin
  11. Pastikan Tidak Memiliki Cacat Jari dan Amputasi
  12. Tidak pasang susuk dan benda asing lainnya di dalam tubuh
  13. Tidak sedang mengandung bagi perempuan

2. Dokumen Yang Diperlukan

Cara kedua adalah mempersiapkan dokumen penting yang perlu Anda persiapkan, hal ini sangat penting Anda lakukan selain memahami persyaratan.

Adapun dokumen yang wajib Anda persiapkan cara melamar kerja di korea adalah sebagai berikut:

  1. KTP Elektronik
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Ijazah Terakhir
  4. Akte Lahir
  5. Kartu Pencari Kerja (AK-1) yang sering disebut Kartu Kuning
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polda
  7. Paspor yang masih hidup
  8. Surat izin dari keluarga (orang tua/wali/suami/istri) yang di tandatangai dan cap oleh Kepala Desa
  9. Surat Keterangan Tidak Buta Warna yang di keluarkan dokter dalam jangka waktu 6 bulan terakhir
  10. Buku Tabungan Pribadi
  11. Email Pribadi Aktif

3. Belajar Bahasa Korea

Belajar bahasa korea adalah salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan di negara korea selatan, selain memudahkan Anda dalam berkominkasi, perusahaan juga bisa menilai kepada calon pelamar dengan memperhatikan bahasa korea Anda yang miliki.

Anda harus benar-benar menguasai bahasa korea seperti berbicara ketika berkomunikasi, mendengarkan, menulis dan membaca.

Hal ini akan menentukan Anda ketika melakukan pendaftaran penerimaan pekerjaan di korea selatan dan interview kerja yang akan dilakukan oleh HRD Perusahaan di Korea Selatan.

Dengan demikian situs Pencari Kerja, sangat merekomendasikan Anda untuk mempelajari terlebih bahasa korea, sebelum Anda memutuskan melamar kerja di luar negeri.

4. Melakukan Pendaftaran Online

Untuk mendapatkan pekerjaan online di korea selatan Anda juga bisa melakukan pendaftaran online dan bisanya pengumuman lowongan kerja bisa Anda dapatkan di website BNP2TKI.

Saran dari kami apabila Anda ingin mencari informasi lowongan kerja resmi maka, gunakanlah situs-situs resmi pemerintah untuk meminimalisir kesalahan dalam pendaftaran online.

Perlu Anda kethaui bawah pendaftaran kerja online di korea bisanya tidak tiap hari di buka, melainkan setidaknya satu tahun dua kali dalam penerimaan pekerja.

Dengan demikian kami menganjurkan Anda untuk pintar-pintar membagi waktu untuk memantau situs pencari kerja resmi yang di keluarkan oleh pemerintah.

5. Biaya Ujian EPS TOPIK

Langkah kelima ini yang wajib Anda lakukan untuk menjadi pekerja luar negeri adalah membayar biaya ujian eps topik.

Adapun biaya yang harus Anda keluarkan sebesar 24 Dollar, ini adalah perkiraan kami pada tahun-tahun sebelumnya.

Pembayaran biaya ujian ini bisa Anda lakukan di BRI langsung atau memalui ATM bersama, untuk memudahkan Anda dalam bertransaki coba Anda aktifkan Internet Banking atau SMS Banking.

Hal tersebut bisa memantu Anda untuk meminimalisir keterlambatan dalam membayar biaya ujian EPS Topik tersebut. Jangan Anda sepelekan hal terkecil karena hal ini bisa menentukan Anda diterima dan tidaknya.

6. Verifikasi Dokumen dan Mengambil Kartu Ujian

Cara yang ke enam adalah memperiviasi dokumen dan mengambil kartu ujian apabila Anda sudah melakukan pendaftaran secara online.

Kunci utama dalam langkah ini adalah pastikan dokumen yang Anda Upload sesuai dengan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

Jangan sekali-kali Anda memanipulasi data, hal ini bisa mengakibatkan Anda ditolak dan bahkan sudah melanggar hukum menyalahgunakan dokumen resmi negara.

Verifikasi dokumen ini bisa dilakukan ketika Anda sudah membayar biaya Administrasi dan kartu ujian pun bisa Anda dapatkan di lokasi yang membuka pendaftaran di korea selatan.

Biasanya Anda akan diberikan jadwal verifikasi dan pengambilan kartu ujian sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh penyedia layanan pendaftaran online di daerah masing-masing.

7. Mengikuti Ujian

Setelah dua langkah di atas yaitu membayar Ujian EPS-Topik (Employment Permit System – Test Of Proficiency In Korean) dan verifikasi dokumena.

Selanjutnya Anda wajib mengikuti ujian tahap pertama tersebut, dalam ujian EPS-TOPIK biasanya terdapat Ujian Bahasa Korea yang berisikan pilihan ganda dan listening (mendengarkan).

Adapun jumlah soal Ujian EPS-Topik berjumlah 20 sola tiap masing-masing soal, dengan demikian kami anjurkan Anda untuk belajar memahami bahasa korea.

Selain soal yang harus Anda perhatikan adalah lokasi tempat ujian karena hal ini mungkin Anda anggap sepele tetapi hal ini bisa menentukan Anda di terima dan tidaknya, sebab tidak ada toleransi apabila Anda terlambat.

8. Mengikuti Skill Test

Mengikuti Skill Test bisa Anda lakukan apabila Anda lolos pada ujian tahap 1, yaitu ujian EPS-Topik, maka pastikan Anda lolos pada ujian tes tahap ke 1.

Skill Test ini adalah Ujian Tahap 2 yang wajib Anda ikuti apabila Anda ingin berkerja di Negara Korea Selatan, Skill Test ini biasa di sebut dengan Tes Keterampilan.

Adapun test ini meliputi tiga bagian yaitu test kekuatan fisik, test wawancara dan tes kemampuan dasar, pastikan Anda lolos pada ujian tahap kedua ini.

9. Mendapat Sertifikat Digital

Selanjutnya, apabila Anda lolos dari ujian kedua tahap di atas, maka Anda wajib mendapatkan sertifikat digital, dimana hal ini bukan berarti Anda sudah bisa bekerja di Korea Selatan.

Melainkan Anda wajib mengirimkan Sertifikat Digital (E-Sertifikat) tersebut ke HRD Korea Selatan untuk memastikan bahwa Anda lolos pada Ujian kedua tahap tersebut.

Istilah dalam mengirimkan sertifikat dalam dunia kerja ini sering disebut Sending Data. Anda harus memahami istilah-istilah dalam dunia kerja.

Baca Juga: Informasi yang Dibutuhkan Pencari Kerja

10. Medical Check Up

Tahap kesepuluh cara melamar pekerjaan di korea selatan adalah wajib mengikuti MCU (Medical Check UP). Apa itu MCU (Medical Check UP) ?

Medical Check UP adalah test kesahatan, adapun tes kesehatan ini wajib Anda lakukan di rumah sakit atau kelinik yang telah ditentukan oleh BNP2TKI.

Nah.. hasil dari Medical Check UP ini Anda kirim bersamaan dengan sertifikat digital yang sebelumnya sudah Anda dapatkan pada ujian pertama dan kedua di atas, selain kedua tersebut pastikan Anda melengkapi dokumen yang dipinta oleh Korea Selatan.

12. Registrasi di Situs EPS Korea

Anda wajib melakukan registrasi di EPS Korea untuk membuat akun pencari kerja, adapun pembuatan akun bisa Anda lakukan di eps.go.kr.

Tujuan dari langkah ke dua belas ini adalah untuk memantau apakah lamaran kerja Anda diterima, ditolah, dikembalikan, kontrak kerja diterbitkan, ditandatangani, CCVI keluar, dan sebagainya.

Membuat akun di eps.go.kr wajib Anda lakukan apabila Anda ingin bekerja di Korea Selatan dan pantau tersu situs tersbut jangan sampai Anda mengabaikannya.

13. Melakukan Sending Data

Anggap saja tahap ke satu samapai tahap ke 12 sudah Anda miliki, langkah selanjutnya Anda akan melakukan Sending Data, dokumen yang harus Anda persiapaka adalah sebagai berikut :

  1. E-sertifikat
  2. MCU (Medical Check UP)
  3. KTP Elektronik
  4. Surat Ijin Keluarga
  5. Kartu Pencari Kerja (AK-1)
  6. Buku Tabungan
  7. Akta Kelahiran
  8. Lamaran Kerja yang di dapat dari website G2G BNP2TKI (g2g.bnp2tki.go.id)

Jika sudah lengkap maka Anda harus menuggu terlebih dahulu untuk diverifikasi oleh BNP2TKI dan selanjutnya akan dikirim ke HRD Korea.

14. Mendapat SLC (Standard Labour Contract)

Tahap ke empat belas adalah wajib mendapatkan SLC (Standard Labour Contract), tahap ini bisa Anda dapatkan apabila berkas lamaran kerja Anda di terima.

Artinya Anda tinggal menunggu panggilan dari perusahaan korea selatan untuk dipekerjakan di perusahaan yang membutuhkan tenaga Anda.

Tapi sebelumnya SLC (Standard Labour Contract) atau Kontrak Kerja ini sudah Anda terima, apabila Anda tidak menerimanya maka kecil harapan Anda tidak bisa bekerja di Korea Selatan.

Jadi kesimpulannya SLC atau Kontrak Kerja ini akan Anda dapatkan ketika Anda mendapatkan panggilan dari perushaan Korea.

15. Mengikuti Preliminary Education

Tidak sampai pada tahap ke 14 saja, melainkan Anda wajib mengikuti Preliminary Education selama 6 hari tentunya di Jakarata, selain di Jakarta biasanya Preliminary Education ini di lakukan juga di Cirebon dan Semarang.

Kegiatan ini bisa Anda lakukan setelah Anda mendapatkan SLC atau Kontrak Kerja dan adapun kegiatannya mencakup pelatihan-pelatihan dan berbagai pelajaran untuk persiapan saat Anda bekerja di Korea Selatan.

Selama Preliminary Education berjalan selama 6 hari, Anda akan di awasi untuk memastikan kesehatan Anda baik-baik saja.

16. CCVI Terbit dan Apply Visa

Tahap berikutnya adalah menunggu CCVI (Confirmation of Certification of Visa Issuance) yang di terbitkan oleh kantor imigrasi Korea.

CCVI (Confirmation of Certification of Visa Issuance) ini adalah syarat untuk mengajukan Visa Kerja yang wajib Anda lakukan di Kedutaan Korea Selatan.

Setelah Visa keluar maka Anda sudah bisa berangkat ke Negara Korea Selatan, tetapi sebelumnya Anda wajib melakukan pembayaran Asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

17. Mendapatkan E-KTKLN

E-KTKLN atau Kartu Tanda Kerja Luar Negeri Elektronik ini Anda dapatkan apabila Anda sudah membayar BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah mendapatkannya, selanjutnya tinggal terbang ke Negara Korea Selatan yang Anda tuju bekerja, dan pastikan Anda wajib menjaga kesehatan.

18. Training di KBIZ Korea Selatan

Setelah Anda sampai di Kore Selatan, maka Anda tidak langsung bekerja, melainkan Anda akan melakuka Training di Gedung KBIZ (Pelatihan Korean Federation of SMEs Korea Selatan).

Training ini bisanya di lakukan selama tiga hari tentunya dari berbagai negara tenaga kerja asing lainnya, selain training Anda juga akan di periksa kembali untuk memastikan kesehatan Anda.

19. Penjemputan Bekerja

Tahap terakhir adalah penjemputan oleh perusahaan, tetapi pastikan kesehatan Anda baik-baik saja ketika training di KBIZ, sebab penjemputan akan di lakukan ketika Anda berada di Gedung KBIZ tersebut.

Pada tahap ini kami pastikan Anda akan bekerja di perusahaan yang Anda lamar, pastikan juga kesehatan Anda baik-baik saja ya.

20. Mulai Bekerja

Tahap terakhir adalah mulai bekerja di Negara Korea Selatan, dan tentunya Anda bekerja sesuai dengan kontrak kerja Anda.

Kontrak Kerja di Korea Selatan biasanya memakan waktu 4 Tahun sampai 10 Tahun dengan perpanjangan perjanjian kontrak kerja tiap tahunnya yang harus di lakukan.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini yang bisa kami bagikan kembali mengenai cara melamar kerja di korea tentunya sesuai alur resmi pemerintah.

Apabila ada yang keliru, mohon koreksinya melakui kotak komentar di bawah atau bisa mengubungi kami melalui layanan Contact US pada situs ini. Terimakasih

Tags: