Pencari Kerja Finansial Cara Manajemen Keuangan Keluarga

Cara Manajemen Keuangan Keluarga

Cara Manajemen Keuangan Keluarga
Sumber: pixabay.com

Cara Manajemen Keuangan Keluarga – Hallo sahabat Pencari Kerja kali ini Admin akan berbagi Tips bagaimana cara manajemen keuangan untuk keluarga kesayangn Anda di rumah.

Postingan ini mungkin sangat berguna bagi seseorang yang baru melangsungkan pernikahannya, sehingga kebingungan dalam manajemen keuangan rumah tangganya, mungkin bagi Anda yang sudah lama dalam berkeluarga, manajemen keuangan sudah tidak asing lagi bahkan sudah dikatakan mahir.

Memenej keuangan keluarga adalah hal penting dalam keluarga, sebab jika Anda mengelolanya dengan baik dan benar, maka keuangan keluarga tidak akan mengalami masalah.

Untuk itu Admin akan memberikan tips tips manajemen keuangan rumah tangga tentunya dengan gaji yang sudah Anda kantongi di lengkapi dengan simulasi cara manajemennya.

Berikut adalah Cara Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Admin sarankan, cara ini pastikan Anda sesuaikan dengan gaji (uang) yang sudah Anda miliki, kemudian ikuti dengan seksama step by stepnya.

1. Manajemen Keuangan Anda dengan Cara Memperhitungkan Pengeluaran Dan Pemasukan

Langkah pertama adalah perhitungkan pengeluaran dan pemasukan Anda, untuk lebih jelasnya Admin akan memberikan simulasinya.

Misalkan Anda memiliki penghasilan setiap bulan Rp. 4.000.000-,. dan pasangan Anda memiliki penghasilan Rp. 5.000.000 -. kemudian silahkan Anda jumlahkan keduanya, maka uang keluarga Anda adalah Rp. 9.000.000 -,.

Untuk mengetahui berapa uang yang Anda perlukan dalam masing-masing kebutuhan keluarga Anda adalah dengan cara menghitung rasio pengeluaran tiap harinya bahkan bulanan.

Itulah tahap pertama yang wajib Anda lakukan dalam manajemen keuangan dalam keluarga, lebih jelasnya semua pendapatan Anda jumlahkan baik penghasilan Anda maupun penghasilan keluarga Anda.

2. Manajemen Dana Sosial 10%

Admin sangat menyarankan kepada Anda bahwa Anda harus wajib menganggarkan 10% dari pendapatan Anda maupun pasangan Anda untuk dana sosial.

Dana Sosial yang kami maksud adalah dana untuk iuran kegiatan dilingkungan Anda, bersedekah, uang arisan, iuran RT, dan kebutuhan sosial lainnya, ini wajib Anda anggarkan.

Dan apabila penghasilan keluarga Anda Rp. 9.000.000, maka 10% dari 9 Juta tersebut adalah Rp. 900.000 -, dari total penghasilan keluarga Anda.

Silahkan Anda sesuaikan dengan penghasilan keluarga Anda, dan Anda bisa menggunakan teknik Admin yang sudah diberikan di atas.

3. Manajemen Dana Darurat Dan Investasi 15%

Cara ketiga yang Admin sarankan adalah menyisihkan dana darurat dan dana untuk investasi, keduanya anda anggarkan 15% dari total penghasilan keluarga Anda.

Jika Jumlah total Anda sebesar Rp. 9.000.000 maka yang harus Anda anggarkan adalah Rp. 1.350.000-,. Admin percaya kepada Anda pastinya sudah bisa menghitungnya.

Silahkan Anda sesuaikan untuk dana darurat dan investasi tersebut dengan penghasilan keluarga Anda. Dan apabila Dana darurat Anda masih kecil, dengan demikian, Anda bisa memperkecil dana darurat tersebut.

Anda juga bisa menganggarkan uang sebesar Rp. 1.000.000 untuk dana darurat kemudian yang Rp. 350.000 Anda bisa gunakan untuk Dana Investasi atau sebaliknya.

4. Manajemen Cicilan 30%

Tahap selanjutnya adalah silahkan Anda anggarkan 30% dari penghasilan Anda untuk membayar cicilan. Dan Ingat, cicilan yang Anda miliki tidak boleh lebih dari 30% dari penghasilan Anda.

Tujuan ini adalah untuk tolak ukur keuangan yang sehat dalam keluarga tercinta Anda, dengan demikian keuangan Anda akan terkontrol dengan baik.

Dan apabila pendapatan keluarga Anda adalah 9 Juta Rupiah, maka Anda memiliki uang sebesar 2,7 Juta Rupiah untuk cicilan.

Adapun uang cicilan tersebut lebih baik Anda gunakan untuk mencicil properti yang akan Anda miliki diantaranya rumah atau kendaraan. Ingat jangan gunakan uang cicilan ini untuk kebutuhan non primer.

5. Manajemen Biaya Hidup 30%

Langkah kelima adalah Anda harus mengalokasikan dana sebesar 30% dari penghasilan Anda untuk biaya hidup sehari-hari.

Silahkan Anda gunakan uang sebesar 2,7 Juta Rupiah tersebut untuk makan, membayar tagihan listrik, air, dan juga belanja bulanan keluarga Anda.

6. Manajemen Tabungan 10%

Kami rasa Anda suah mengalokasikan dana darurat dan investasi, selain itu Anda juga wajib alokasikan pendapatan keluarga Anda untuk tabungan.

Adapun anggaran tabungan yang Admin rekomendasikan anggarkan dananya adalah sebesar 10% dari penghasilan Keluarga Anda.

Dan apabila keluarga Anda memiliki penghasilan sebesar 9 Juta, maka Anda wajib menabung sebesar 900 Ribu Rupiah setiap bulannya.

Adapun uang tabungan tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli kebutuhan tersier, seperti, keluarga Anda ingin membeli kulkas baru, liburan bersama keluarga di akhir tahun mendatang.

Nah.. tabungan inilah yang nantinya Anda gunakan. Dengan demikian dalam keluarga sangat kami rekomendasikan untuk memiliki tabungan.

7. Manajemen Gaya Hidup 5%

Gaya hidup dalam keluarga sangat penting untuk Anda anggarkan, sebab keluarga juga butuh refresing di akhir pekan, silahkan Anda sesuaikan dengan gaya hidup keluarga Anda.

Adapun untuk anggarkannya Admin sarankan 5% dari pendapatan Anda untuk biaya bersenang-senang. Berarti keluarga Anda memiliki jatah uang sebesar 450 Ribu setiap bulan untuk berlibur.

Selain itu biaya ini bisa Anda gunakan untuk nonton film atau mungkin dinner di luar rumah. Anda memang harus mengatur keuangan dengan sebaik mungkin, tetapi, bukan berarti Anda tidak boleh bersenang-senang dengan keluarga Anda.

Itulah besaran dalam persentasi dan rasio keuangan keluarga yang Admin rekomendasikan dalam mengelola keuangan rumah tangga Anda.

Dengan mematuhi rasio pengeluaran tersebut, keuangan rumah tangga Anda akan tetap terjaga kesehatan keuangan dalam keluarga Anda.

Selain itu juga kebutuhan sehari-hari Anda bisa terpenuhi, kemudian Anda juga bisa menabung dan investasi, dan liburanpun bisa Anda penuhi.

Tips Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Admin di atas sudah membuat bagian-bagian pengeluaran tentunya sesuai dengan penghasilan dan kebutuhan keluarga Anda.

Selanjutnya Admin akan memberikan tips mengelola keuangan rumah tangga yang bisa Anda pelajari secara seksama di bawah ini.

1. Lakukan Transparasi Keuangan Antarpasangan

Salah satu hal paling penting dalam mengelola keuangan rumah tangga adalah adanya transparasi keuangan dalam keluarga.

Anda dan pasangan Anda harus sama-sama terbuka mengenai gaji bulanan yang keluarga Anda dapatkan, bahkan tabungan yang Anda miliki, sampai dengan hutang yang mungkin masih menjadi beban dalam kelauarga.

Dengan adanya transparasi keuangan, Anda dan pasangan Anda bisa dengan lebih hati-hati dalam melakukan perencanaan dan mengatur keuangan dalam keluarga.

2. Manfaatkan Makan di Rumah

Tips kedua ini mengarah ke cara untuk menghemat pengeluaran rumah tangga, contoh kecilnya adalah daripada jajan atau makan di luar, lebih efektif lagi Anda membiasakan memasak di rumah untuk keluarga Anda. Hal ini bisa meminimalisir kebutuhan harian Anda.

Selain itu teknik adalah teknik berhemat yang sangat efektif untuk Anda lakukan, Anda juga bisa memastikan kebersihan makanan yang keluarga Anda makan.

Berbagilah tugas dengan pasangan Anda di rumah dan Anda juga bisa membuat sebuah jadwal memasak secara bergantian untuk menumbukan harmonisasi dalam keluarga.

3. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Batasi dalam penggunaan kartu kredit Anda. Menggunakan kartu kredit memang memudahkan Anda dalam melakukan transaksi.

Tetapi, apabila Anda tidak bisa mengontrol pemakaian kartu kredit tersebut, maka kartu kredit justru akan menimbulkan masalah dalam keuangan keluarga Anda.

4. Buat Catat Pengeluaran dan Pemasukan Setiap Hari

Selain perencanaan dalam manajemen keuangan keluarga Anda, dan Anda sudah mempersiapkannya keuangan dengan baik.

Tetapi masih tidak mencukupi. Anda juga wajib memastikan bahwa pemasukan dan pengeluaran keuangan rumah tangga Anda berjalan sesuai dengan rencana yang sudah Anda tetapkan.

Silahkan Anda buat catatan setiap mendapatkan uang dan catat juga pengeluaran keluarga Anda setiap harinya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kapan anggaran Anda mengalami kehabisan, sehingga Anda bisa lebih menghembat kembali uang keluarga Anda.

5. Buat Pengingat dalm Membayar Tagihan

Setiap bulan ada tagihan yang rutin harus Anda bayar. Anda wajib membayar listrik dan air. Oleh karena itu Anda perlu memasang pengingat untuk membayar tagihan tersebut.

Adapun pengingat yang bisa Anda gunakan bisa menggunakan alarm pada ponsel Anda sesuai dengan jadwal pembayaran yang Anda miliki.

Hal ini akan membantu Anda supaya tidak kelupaan dalam membayar tagihan bulanan. Sebab apabila sampai kelupaan bayar, maka ini bisa membuat pengeluaran rumah tangga Anda membengkak tidak sesuai perencanaan yang sudah Anda buat sebelumnya.

Mungkin itu beberapa tips bagaimana cara manajemen keuangan keluarga Anda, yang bisa Admin berikan, semoga Anda dan pasangan Anda semakin romantis.

4 Likes

Author: Admin

Saya Seorang Freelance dari Tahun 2013. Suka Menjelajahi Internet. Jika Bermanfaat Bagi Anda Silahkan Share Ke Jaringan Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *