Pencari Kerja Finansial Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Agar Tidak Penuh

Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Agar Tidak Penuh

Hallo sahabat Pencari Kerja, kali ini kami akan mengulas bagaimana cara daftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan agar tidak penuh untuk keperluan klaim dana BPJSTKU atau BPJAMSOSTEK.

Perlu anda ketahui bahwa postingan kali ini merupakan cara pendaftaran samapai ke pengisian formulir antrean online terbaru di tahun 2020.

Mungkin dari anda masih merasakan untuk Klain Dana Jaminan Hari Tua (JHT) secara online sebelumnya tidak sepadat sekarang, terutama di luar pulau Jawa.

Pada saat itu rerata hanya kantor cabang yang terdapat di kota provinsi yang menerapkan sistem daftar antrian online.

Dan pada saat ini, seluruh kantor induk maupun cabang BPJSTKU sudah mewajibkan untuk melakukan pendaftaran antrian secara online.

Adapun mekanisme dalam mendapatkan kode antrean online, anda tetap harus menghubungi kantor cabang pelayanan secara offline dan tentunya sesuai jadwal yang ditetapkan oleh anda.

Jadi pendaftarannya harus ke Kantor Cabang BPJSTK terdekat kemudian datang sesuai tanggal, bulan, tahun bahkan sesuai dengan jam pelayanan yang ditentukan ketika pendaftaran antrian, dilengkapi dengan membawa berkas persyaratan Pencairan Dana JHT.

Bagaimana Klaim BPJS Ketenagakerjaan Sekarang?

Mungkin pertanyaan ini sering kita dengar di kalangan masyarakat, perlu dikethaui bahwa Kliam BPJS Ketenagakerjaan sekarang tidak perlu lagi datang ke kantor BPJSTK.

Apa yang anda lakukan? Anda tinggal mendaftar antrian online, kemudian apabila sudah berhasil, maka anda akan dipinta upload scanan dokumen persyaratan klaim JHT, seperti KTP Asli, Kartu Keluarga Asli, Paklaring, Kartu BPJS TK, Formulir Pengajuan, Buku Rekening, dan NPWP apabila saldo JHT anda di atas 50 Juta.

Nah.. setelah itu anda tinggal menunggu diverifikasi oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan yang akan dikirim melalui Email yang anda daftarkan dan terkadang melalui No. Whatshap.

Kemudian anda akan dihubungi untuk memverifikasi kebenaran berkas yang telah anda upload ketika pendaftaran melalui Video Call ke No. WA yang terdaftar, pastikan anda berada di daerah terjangkau dengan jaringan internet.

Tahap selanjutnya, jika sudah diverifikasi dan bisa menunjukan dokumen aslinya, pihak BPJS akan menginformasikan perkiraan saldo JHT anda akan masuk ke rekening yang telah didaftarkan.

Dengan demikian anda tidak harus lagi ke Kantor cabang BPJS, untuk pencairan, melainkan anda tinggal duduk manis di rumah, menunggu uang masuk ke rekening anda. Enak bukan…!!

Adapun Cara Ambil Nomor Antrian BPJS Online adalah

1. Menggunakan BPJTK Mobile

Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk mengambil antrian online dengan cara menginstall BPJSTK Mobile pada playstore.

Silahkan ketikan dalam kotak pencarian BPJSTK Mobile kemudian akan mucul, silahkan install dan tunggu sampai selesai

Setelah itu lakukan pendaftaran apabila belum mempunyai akun.

Jika sudah mempunyai akun silahkan ajukan klain JHT (Jaminan Hari Tua).

  • Silahkan buka Aplikasi BPJSTK Mobile anda kemudian masukan email dan pin tampilannya seperi gamabar di bawah ini:
antrian bpjs online
Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan
  • Kemudian setelah masuk silahkan pilih Antrian Online, anda akan diarahkan ke tab baru seperti tampilan di bawah ini, kemudian pilih Saya Setuju.
Antrian BPJS Ketenagakerjaan Online
Antrian BPJS Ketenagakerjaan Online
  • Kemudian silahkan isi formulir pendaftaran Klaim Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, seprti
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK), No. KPJ, Nama Sesuai KTP, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung. Jika semuanya sudah terisi Klik Berikutnya
  • Anda akan dipinta Data Pekerjaan Tambahan
  • Ke emapat anda harus memilih Sebab Klaim, silahkan pilih JHT, dan jangan lupa Upload Dokumen Pendukung seperti yang sudah saya jelaskan di atas.
  • Konfirmasi Data Pengajuan
  • Selesai

2. Menggunakan BPJTK Versi Website

Cara yang kedua adalah mengajukan klaim JHT untuk mendapatkan Nomor Antrian Online yaitu menggunakan Website BPJSTK di laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Adapun tampilan versi website seperti berikut

Antrian BPJS Ketenagakerjaan Online
Antrian BPJS Ketenagakerjaan Online

Seperi biasa silahkan login menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya, kemudian centang Saya bukan robot dan silahkan LOGIN.

  • Selanjutnya Klik Klaim Saldo JHT
  • Pada Tahap Pengajuan Klaim JHT, pilih No. KPJ, Keperluan (Pengajuan Klaim), kemudian akan muncul Jenis Klaim
  • Silahkan pilih sesuai dengan keadaan anda seperti Mencapai Usia Pensiun, Mengundurkan Diri atau PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), sesuaikan dengan paklaring anda.
  • Klik KIRIM

Anda akan di arahkan ke laman baru untuk pengisian formulir Pengajuan JHT, sama halnya seperti dilakukan pada Versi Mobile.

Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Agar Tidak Penuh

Sebenarnya tidak ada cara untuk menghindari agar antrian online tidak penuh, tetapi kami di sini akan memberikan tips bagi anda untuk mengatasi hal tersebut:

1. Jangan lakukan Klaim BPJS Ketenagakerjaan saldo JHT pada jam tengah malam karena antrian online sampai menggunakan jam kerja kantro.

2. Lakukan dijam-jam seperti jam 11.00 siang s/d jam 13.00

3. Pastikan koneksi jaringan internet anda stabil, untuk menerima infromasi yang dikirim oleh pihak BPJS Ketanakerjaan.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan apabila ada pertanyaan, silahkan tuliskan pada kotak komentar.

1 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *