Pencari Kerja Finansial Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – Hallo sahabat Pencari Kerja pada kesempatan ini kami akan membimbing anda bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dan apabila anda mencari informasi tersebut, kamu sudah tepat berada dalam situs kami.

Sebelum ke pembahasan apa tujuan anda untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan?

Jika tujuan anda adalah untuk mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan. Maka pastikan kepsertaan anda sudah tidak aktif dan sudah memahami cara daftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan.

Dan apabila cuma sekedarkartu melihat saldo JHT (Jaminan Hari Tua) dan JP (Jaminan Pensiun) maka silahkan ikuti tahapannya pada artikel ini.

Selain itu postingan kali ini tentunya sangat penting untuk peserta BPJS Ketenakakerjaan terutama bagi peserta yang telah berhenti bekerja.

Kemudian peserta tersebut hendak mau mencairkan saldo JHT-nya yang telah terkumpul selama dia bekerja di perusahaan tersebut.

Kenapa penting cek saldo BPJS Ketenagakerjaan?

Selain cek saldo BPJS anda juga bisa melihat secara langsung keaktifkan kalian pada progmram BPJS tersebut, karena untuk mencairkan seluruh dana Jaminan Hari Tua (JHT) adalah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan/ Jamsostek sudah non aktif minimal satu bulan.

Dan apabila KPJ masih aktif maka saldo JHT kalian tidak bisa dicairkan

Disamping itu kepesertaan kalaian juga sudah terhitung satu bulan dari mulainya non aktif kepesertaan dalam BPJS TK.

Mulai sekarang mari kita panatu kepesertaan kita dalam program BPJSTK, sehingga ketika berhenti dalam bekerja, baik itu karena mengundurkan diri, PHK maupun habis kontrak kerja.

Kita bisa memantau apakah perusahaan sudah melaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan bahwa kita sudah berhenti bekerja, sehingga perusahaan tidak perlu lagi menyetorkan iuran bulanan kita ke BPJSTK.

Adapun kasus yang sering dijumpai peserta BPJSTK yang sudah berhenti bekerja, tetapi ketika mengurus klaim dana JHT, ternyata kepesertaannya masih aktif, sehingga dana JHTnya belum bisa dicairkan.

Dengan demikian bagi anda yang akan berencana mencairkan saldo JHT, sebaiknya cek terlebih dahulu KPJ / kartu kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Berikut Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa anda lakukan dengan dua cara, yakni menggunakan BPJTK Mobile dan Menggunakan BPJTK Versi Website di laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Cara ini tentunya membutuhkan paket data internet, karena akan terhubung dengan sebuah Aplikasi dan Web BPJS Ketenagakerjaan.

1. Menggunakan Aplikasi Mobile BPJSTKU

Pertama silahkan anda ambil Aplikasinya, kemudian instal pada smartphone Anda. Perlu dikethaui juga bawah jika anda adalah pengguna android silahkan ambil di layanan Google Playstore.

Sementara bagi anda pengguna smartphone iOs/iPhone, Anda bisa mengunduhnya pada layanan App Store smartphone kalian.

Jika anda belum mempunyai akun silahkan daftar terlebih dahulu dengan cara klik Pendaftaran Pengguna BPJSTKU, Kemudian pilih PU (Penerima Upah).

Adapun yang harus dipersiapkan untuk mendaftar adalah memiliki email aktif dan nomor handphone untuk keperluan verifikasi pendaftaran.

Silahkan masukkan Nama sesuai KTP kemudian Lanjutkan, masukan kemblai tanggal lahir dan No. KTP Elektronik, No KPJ.

Aplikasi Mobile BPJSTKU ini bisa di gunakan melihat kepesertaan, melacak status keaktifan, bahkan bisa melihat Saldo JHT dan JP.

3. Menggunakan Website BPJS Ketenagakerjaan

Selain menggunakan Aplikasi Mobile anda juga bisa menggunakan website BPJSTK pada laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Adapun tahapannya tidak jauh berbeda dengan Aplikasi Mobile harus mempunyai akun BPJSTKU, di sinilah pentingnya mempunyai email aktif.

Setelah berhasil registrasi, berarti teman-teman sudah memiliki akun BPJSTK dan bisa login ke aplikasi BPJSTKU menggunakan email yang digunakan untuk pendaftaran tadi.

Selain dapat di pakai untuk login ke BPJTKu Apk, email atau akun anda tersebut juga bisa di gunakan untuk masuk ke website BPJS Ketenagakerjaan misalnya anda berniat mengajukan pencairan dana JHT secara online melalui layanan E-klaim JHT.

Nah, untuk mengecek status kepesertaan BPJS TK anda sudah nonaktif atau belum di aplikasi BPJSTKU ini, silakan login dulu menggunakan email dan kata sandi Anda.

Ketika sudah berhasil masuk dan berada di halaman utama aplikasi BPJSTKU, klik saja menu KARTU DIGITAL.

Setelah itu layar akan menampilkan gambar Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan, silahkan klik tepat pada gambar kartu tersebut.

Selanjutnya layar akan menampilkan berbagai informasi kepesertaan anda pada BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari perusahaan tempat anda bekerja, jumlah karyawan, upah terakhir, pembayaran iuran terakhir, tanggal usia pensiun, masa iuran jaminan pensiun, program-program yang anda ikuti, dan tentunya status kepesertaan.

Jikalau informasi status peserta tertulis tidak aktif, artinya kartu peserta Jamsostek (KPJ)/BPJS TK anda sudah non aktif, dan itu berarti uang JHT milik anda sudah bisa di urus untuk dicairkan.

Sementara jika status kepesertaan yang tertera di sana masin aktif, itu berarti kepesertaan anda belum di nonaktifkan dan otomatis dana JHT belum bisa di klaim.

Bagaimana jika kita kesulitan menggunakan aplikasi BPJSTK, sebenarnya anda masih bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini:

1. Mendatangi Kantor Cabang

Cara pertama ini bisa anda lakukangn dengan cara mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat di wilayah kalian.

Adapun berkas yang harus di bawah e-KTP, kartu BPJSTK dan Paklaring, kemudian konfirmasikan ke bagian informasi bahwa kedatangan anda ingin mengetahui status kepesertaan BPJSTK.

Berbekal KTP Elektronik, KPJ dan Paklaring yang anda bawa, kemudian petugas akan dengan mudah melacak status kepesertaan anda. Apakah masih aktif atau tidak aktif.

2. Menelepon Call Center

Cara kedua ini adalah dengan cacara menelepon call center BPJSTK pada nomor 175 atau 1500910, untuk mencari tahu status kepesertaan kita.

Kemudian call center akan menanyakan seperti Nama Lengkap, No KPJ, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama perusahaan tempat anda bekerja dan nama Ibu kandung anda.

Nah… cara inilah kebanyakan orang tidak sanggup karena membutuhkan pulsa yang tidak sedikit apalagi jika kita meneleponnya menggunakan kartu GSM, siapakan saja pulsa di atas 50rb.

3. Melalui Via SMS

Mudah-mudahan dari kedua cara di atas, cara ini bisa membantu masyarakat untuk bisa mengetahui keaktifan bahakan cara mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Bagaimana Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS?

Anda tinggal ikuti langkah brikut ini, cara cek kepesertaan dan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS bisa melalui nomor 2757.

Tetapi Sebelumnya, peserta BPJS Ketenagakerjaan wajib melalukan mendaftar melalui SMS dengan format Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL (Jika ada).

Kemudian sialahkan kirim ke 2757 dan selanjutnya, peserta bisa mengirim pesan dengan format SALDO (spasi) no peserta, kemudian kirim ke 2757.

Dengan cara ini bisa meringankan dalam segi biaya yang harus di kelurakan oleh anda, untuk cek status kepeserataan dan cek saldo bpjs.

Demikianlah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan terbaru 2020 yang bisa anda lakukan secara mandiri, semoga bermanfaat dan bisa memberikan sebuah solusi bagi anda.

0 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *